Sabtu, 02 Juli 2011

Jenis-Jenis Aliran Dalam Seni Lukis





Seni Lukis
Adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

Jenis-Jenis Aliran, Ternyata ada juga ya ? Iya, Jenis Aliran ini maksudnya melambangkan Motif dan Sensasi para pelukis sehingga menunjukan perbedaan Style ( Gaya ) Gambarnya. Aliran Tersebut  yaitu : Surrealisme, Kubisme, Romantisme, Ekspressionisme, Fauvisme, Realisme, Naturalisme. Dari masing-masing Aliran itu pastinya memiliki Gaya yang beda dalam melukisnya, entah dari model Gambarnya... atau Pembentukannya. Sekarang saya akan Share Sedikit tentang Pengertian Dari Tiap-tiap Aliran... Gimana, mau tahukan?? Simak Berikut !




1. Aliran Surrealisme
Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.

2. Kubisme
Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.

Daftar Tokoh Pelukis Dalam Aliran Ini :
  1. Pablo Picasso ( Spain, Malaga )
  2. Paul Cezane ( Aix-en-Provence, France )
  3. George Braque ( France, Argenteuil )
  4. Metzinger ( France )
  5. Albert Glazez ( Unknow )


3. Aliran Romantisme
Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.

Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.



4. Ekspressionisme
Adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, dan musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.
Pelukis Matthias Gr├╝newald dan El Greco bisa disebut ekspresionis.

Adapun Tokoh yang tergolong aliran ini, dalam Abad 20 ialah :
  1. Heinrich Campedonk ( Germany )
  2. Egon Schiele ( Austria, Tulln )
  3. Wassily Kandisky ( Russian, Moscow )
  4. Charles Eyck ( Netherlands )
  5. Constant Permeke ( Belgium, Antwerp )
  6. Gen Paul ( France, Montmartre )
  7. Edvard Munch ( Norway, Hedmark )
  8. Carl Eugen Keel ( Switzerland )
  9. Affandi ( Indonesia, Cirebon City )
5. Fauvisme
Adalah suatu aliran dalam seni lukis yang berumur cukup pendek menjelang dimulainya era seni rupa modern. Nama fauvisme berasal dari kata sindiran "fauve" (binatang liar) oleh Louis Vauxcelles saat mengomentari pameran Salon d'Automne dalam artikelnya untuk suplemen Gil Blas edisi 17 Oktober 1905, halaman 2.
Kepopuleran aliran ini dimulai dari Le Havre, Paris, hingga Bordeaux. Kematangan konsepnya dicapai pada tahun 1906.

Adapun Tokoh yang Termasuk dalam Aliran Ini, Mereka adalah :
  1. Henri Matisse ( France, Cambrai )
  2. Andre Derain ( France, Yvelines )
  3. Georges Braque ( France, Argenteuil )
  4. Albert Marquet ( France, Bordeaux )
  5. Henri Manguin ( France, Paris )

6. Realisme
Di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.

Tokoh atau Pelukis Terkenal Dalam Aliran Ini Diantaranya adalah :
  1. Karl Briullov ( Russian, St.Petersburg )
  2. Ford Madox Brown ( France, Calais )
  3. Jean Baptiste Simeon Chardin ( France , Paris )
  4. Camille Corrot ( France , Paris )
  5. Gustave Courbate ( France , Doubt )

7. Naturalisme
Di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan setting alam. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme.
Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam.

Daftar Tokoh Dalam Aliran Ini :
  1. Soeboer Doellah ( Unknow )
  2. William Bliss Baker ( US America, New York Town )
  3. Raden Saleh ( Indonesia, Semarang City )
  4. Katsushika Hokusai ( Japan, Tokyo City )
  5. Affandi ( Indonesia, Cirebon City )
***

Wah, kita sudah menyimak banyak tentang Aliran-aliran dalam dunia Seni Lukis, Dan Kita Lihat Diantara Beberapa Jenis... Ternyata ada seniman dari Indonesia juga, wah.. harus bangga kita terhadap Negara kita ini, Affandi dan Raden Saleh ( Painter Favorite ).

Okay, See You next time guys... kita cukupkan sekian Bye~!!

0 komentar:

Poskan Komentar